Di Yogya, Obama sempat nonton wayang cerita Aji Narantaka


SlotGame - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama selain mengunjungi beberapa tempat wisata di Yogyakarta seperti Candi Prambanan dan Puncak Becici ternyata juga menyempatkan diri untuk menonton kesenian tradisional Jawa yaitu wayang kulit. Obama menonton wayang kulit di executive room Hotel Tentrem, Kamis (29/6) malam.

Menurut General Manager (GM) Hotel Tentrem, Mey Nurnaningsih, pihaknya sengaja mengubah ruang executive lounge menjadi tempat pagelaran wayang kulit. Obama sendiri, kata Mey yang meminta ada pertunjukan wayang kulit.

"Wayang kulit sengaja kita datangkan atas permintaan Obama. Wayang kulit dimainkan oleh dalang Agustinus Sardjojo Tujajetra," ujar Mey, Jumat (30/6).

Mey menyampaikan bahwa dalang Agustinus Sardjojo Hadisurjo membawakan cerita berjudul Aji Narantaka. Cerita Aji Narantaka ini, sambung Mey mengambil fragmen cerita matinya Dursanala.

"Pertunjukan wayang ini menggunakan dua bahasa. Yaitu dalang menggunakan Bahasa Jawa dan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh penerjemah," papar Mey.

Mey menuturkan bahwa ada yang unik dari sosok dalang Agustinus Sardjojo Hadisurjo. Dalang kelahiran Gunungkidul tersebut adalah tunanetra.

"Obama menonton wayang dari pukul 9 malam hingga pukul 10 malam. Kurang lebihnya satu jam. Obama terlihat antusias dan menonton pertunjukan wayang hingga selesai," pungkas Mey.
Di Yogya, Obama sempat nonton wayang cerita Aji Narantaka Di Yogya, Obama sempat nonton wayang cerita Aji Narantaka Reviewed by Unknown on 12:38 AM Rating: 5
Powered by Blogger.